![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg)
|
SMP NEGERI 3 PONTIANAK
TRY OUT
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran : Matematika
Hari/Tanggal :
Waktu : 120 menit
PETUNJUK UMUM
1. Isikan nomor ujian, nama peserta dan tanggal lahir pada Lembar Jawabn Ujian Nasional (LJUN), sesuai dengan petunjuk di LJUN.
2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUN.
3. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
4. Jumlah soal sebanyak 40 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (aempat) pilihan jawaban.
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab.
6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atai tidak lengkap.
7. Mintalah kertas buram kepad pengawas ujian, bila diperlukan.
8. Tidak diizinkan menggunkan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu lainnya.
9. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
10. Lembar soal tidak boleh dicorat-coret, difoto copy, atau digandakan.
1. Tes masuk Perguruan tinggi terdiri dari 100 soal. Jawaban yang benar diberi skor 4, jawaban yang salah di beri skor -1 dan soal yang tidak dijawab di beri skor 0. Dalam tes tersebut, sorang calon Mahasiswa dapat menjawab soal dengan benar sebanyak 76 soal, dan 5 soal tidak di jawab. Skor yang diperoleh calon mahasiswa itu adalah ....
A. 280 B. 285 C. 299 D. 304
2. Hasil dari (-72 + 8) : (-10 – 6) adalah ....
A. -5 B. -4 C. 4 D. 5
3. Indri membaca buku 35 halaman pada hari senin. Ternyaata buku yang dibaca tersebut baru
bagian dari seluruh halaman buku. Jika hari rabu Indri membaca
bagian lagi, maka sisa halaman yang belum terbaca adalah ....
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.gif)
A. 28 halaman C. 56 halaman
B. 49 halaman D. 105 halaman
4. Hasil dari
2
x 0,25
+
1
adalah ....
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image010.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image015.gif)
A. 2
B. 1
C. 1
D. ![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image023.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image017.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image019.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image021.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image023.gif)
5. Seorang penjahit membuat 25 baju seragam sekolah dengan bahan kain 31,25 meter. Berapa meter bahan kain yang di perlukan untuk membuat 312 baju seragam sekolah ....
A. 249 meter C. 312 meter
B. 250 meter D. 390 meter
6. Seorang peadagang membeli beras 2 karung masing-masing beratnya 1 kwintal dengan tara 2½ %. Harga pembelian beras setiap karungnya Rp200.000,00. Jika beras tersebut di jual dengan harga Rp2.400,00 tiap kg, maka pedagang memperoleh ....
A. Untung Rp34.00,00 C. Untung Rp68.000,00
B. Rugi Rp56.000,00 D. Rugi Rp80.000,00
7. Ibu membeli sebuah sepeda dan diperbaikinya dengan biaya Rp50,000,00. Kemudian sepeda tersebut di jual dengan harga Rp630.000,00, dan ternyata Ibu menderita kerugian 10%. Harga beli sepeda tersebut mula-mula adalah ....
A. Rp650.000,00 C. Rp750.000,00
B. Rp700.000,00 D. Rp800.000,00
8. Jumlah tabungan uang Amir dan Dani pada bank adalah Rp3.500.000,00. Jika besar perbandigan tabungan Amir dan Dani adalah 3:2, maka besar tabungan Amir adalah ....
A. Rp1.200.000,00 C. Rp2.000.000,00
B. Rp1.500.000,00 D. Rp2.100.000,00
9. Pada tumpukan batu bata, banyak batu bata paling atas ada 8 buah, tepata di bawahnya ada 10 buah, danseterusnya setiap tumpukan di bawahnya selalu lebih banyak 2 buah dari tumpukan diatasnya. Jika ada 15 tumpukan batau bataa (dari atas sampai kea bawah), berapa banyak batu bata pada tumpukan paling bawah ¿
A. 35 buah B. 36 buah C. 38 buah D. 40 buah
10. Hasil dari
adalah ….
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image025.gif)
A.
C. 1 – 2xy + x2y2
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image027.gif)
B. 1 + 2xy + x2y2 D. ![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image029.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image029.gif)
11. Hasil daari (2x – 1)(3x + 4) = ….
A. 6x2 + 5x – 4 C. 6x2 – 8x – 4
B. 6x2 – 5x – 4 D. 6x2 + 3x – 4
12. Bentuk paling sederhana dari
adalah ....
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image031.gif)
A.
C. ![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image035.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image033.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image035.gif)
B.
D. ![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image039.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image037.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image039.gif)
13. Bentuk sederhana dari
adalah ....
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image041.gif)
A.
C. ![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image045.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image043.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image045.gif)
B.
D. ![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image049.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image047.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image049.gif)
14. Hasil dari 3x – 6 = x + 2 adalah ....
A. 5 B. 4 C. 3 D. 2
15. Untuk keperluan kerja bakti membersihkan lingkungan, 22 orang membawa sapu, 28 orang membawa cangkul, 20 orang membawa sapu dan cangkul. Banyak orang seluruhnya yang ikut kerja bakti adalah ....
A. 25 B. 30 C. 50 D. 70
16. Dari 40 siswa, terdapat 24 siswa gemar matematika, 20 siswa gemar IPA, serta 3 siswa yang tidak gemar matematika maupun IPA. Banyak siswa yang gemar matematika dan IPA adalah ....
A. 4 siswa B. 7 siswa C. 10 siswa D. 12 siswa
17. Diketahui rumus fungsi f(x) = ax + b. Jika f(4) = 31 dan f(-3) = -11, maka nilai f(2) adalah ...
A. 37 B. 25 C. 19 D. 7
18. Garis k tegak lurus dengan garis yang persamaannya 3x + 5y + 15 = 0. Gradien garis k adalah ....
A.
B.
C.
D. ![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image056.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image051.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image053.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image019.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image056.gif)
19. Persamaan garis lurus yang melalui titik P(4,-2) dan tegak lurus dengan garis 3y = -6x + 5 adalah ....
A. x + 2y + 4 = 0 C. X + 2y + 8 = 0
B. x – 2y – 8 = 0 D. X – 2y + 8 = 0
20. Persamaan garis lurus yang melalui titik T(1,-4) dan sejajar dengan garis 3x – 2y + 1 = 0 adalah ....
A. 3x – 2y + 11 = 0 C. 3x + 2y + 10 = 0
B. 3x – 2y – 11 = 0 D. 3x – 2y – 10 = 0
21. Penyelesaian dari sistem persamaan 2x + 6y = 38 dan 3x – 2y = 2 adalah x dan y. Nilai dari 3x + 4y = ....
A. -32 B. -31 C. 31 D. 32
22. Harga paket yang berisi 10 buku dan 2 pensil di toko “A” adalah Rp23.000,00, sedangkan harga paket yang berisi 5 buku dan 4 pensil dengan jenis yang sama adalah Rp16.000,00. Jika di taoko “A” tersebut Ryan membeli 8 buku dan 3 pensil, maka yang harus di bayarkan Ryan adalah ....
A. Rp17.500,00 C. Rp20.500,00
B. Rp18.000,00 D. Rp22.000,00
23. Trapesium PQRS sama kaki dengan PQ // SR, diketahui panjang PQ = 17 cm, SR = 7 cm dan kelilingnya 50 cm. Tinggi trapesium PQRS adalah ....
A. 9 cm B. 10 cm C. 12 cm D. 13 cm
24. Panjang sisi belah ketupat 20 cm sedangkan panjang salah satu diagonalnya 24 cm. Luas belah ketupat tersebut adalah ....
A. 768 cm2 B. 384 cm2 C. 240 cm2 D. 96 cm2
|
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image058.gif)
|
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image059.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image060.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image061.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image062.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image063.gif)
|
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image070.gif)
|
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image071.gif)
|
![]() |
|
|
|
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image073.gif)
|
|
|
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image078.gif)
31 Segitiga ABC dan segitiga PQR adalah dua segitiga kongruen. Jika AC = PR, AB = QR,
dan
, maka besar
dan besar
berturut – turut adalah ....
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image080.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image082.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image084.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image086.gif)
A. 50o dan 60o C. 50o dan 70o
B. 60o dan 50o D. 60o dan 70o
32. Banyak sisi balok adalah ....
A. 3 B. 6 C. 8 D. 12
33. Perhatikan gambar rangkaian balok berikut ¡
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image087.gif)
![]() |
(i) (iii)
![]() | |||
![]() | |||
(ii) (iv)
Dari rangkaian tersebut yang merupakan jaring-jaring balok adalah ....
A. (i) dan (iv) C. (i) dan (iii)
B. (ii) dan (iii) D. (ii) dan (iv)
34. Selimut sebuah kerucut terbentuk dari selembar seng yang berbentuk
bagian lingkaran dengan jari – jari 20 cm. Volume kerucut yang terbentuk adalah .... cm3
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image019.gif)
A. 156
B. 768
C. 960
D. 2.304 ![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image093.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image093.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image093.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image093.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image093.gif)
|
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image097.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image098.gif)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image099.gif)
|
![]() | |||
| |||
36.
37. Tandon air berbentuk tabung dengan panjang jari-jari 70 cm dan tinggi 2m, selimut tandon tersebut akan di cat. Jika 1 kaleng cat dapat di gunakan untuk mengecat permukaan seluas 11.000 cm2, maka cat yang diperlukan adalah ....
A. 7 kaleng B. 8 kaleng C. 10 kaleng D. 11 kaleng
38. Tabel Frekuensi Nilai Ulangan Matematika.
Nilai |
| ||
4 5 6 7 8 9 | 1 4 8 9 6 2 |
39. Nilai rata-rata 32 orang siswa adalah 6,3. Jika nilainya digabung dengan 8 orang siswa lagi yang nilai rata-ratanya 7,3, maka nilai rata-rata sekarang adalah ....
A. 6,4 B. 6,5 C. 6,8 D. 7,0
|
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image101.gif)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar